Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tarekat Menurut Para Ahli

Pengertian tarekat menurut para ahli

Pengertian tarekat menurut para ahli

Tarekat adalah jalan yang ditempuh berdasarkan syariat oleh seorang thariq atau pejalan untuk menuju jalan hakikat dengan lebih memahami, mengetahui, dan mengenal Allah SWT.

Apa arti tarekat menurut bahasa dan istilah?

Kata tarekat atau tharīqah (Arab: طريقة) berasal dari kata tharīq (Arab: طريق) yang memiliki bebeberapa arti: (1) jalan atau petunjuk jalan atau cara, (2) metode atau sistem (uslub), (3) mazhab, aliran, atau haluan (mazhab), (4) keadaan (halah), (5) tiang tempat berteduh, tongkat, atau payung ('amud al-mizalah).

Apa yang dimaksud dengan tasawuf dan tarekat?

REPUBLIKA.CO.ID, Tarekat dalam tasawuf berarti jalan menuju Allah SWT untuk meraih rida-Nya dengan menaati segala ajaran-Nya. Sebagai sebuah organisasi tempat berkumpulnya orang-orang yang berupaya untuk mengikuti kehidupan tasawuf, tarekat tak cuma menjalankan ritual-ritual kegiatan keagamaan semata.

Apa fungsi dari tarekat?

Tujuan tarekat adalah membersihkan jiwa dan menjaga hawa-nafsu kepada memerdekakan diri dari pelbagai bentuk ujub, takabur, riya', hubbud dunya (cinta dunia), dan kepadanya. Tawakal, rendah hati/tawadhu', ridha, mendapat makrifat dari Allah, juga menjadi tujuan tarekat.

Tarekat itu ada berapa?

Ada sekitar 45 tarekat yang berkembang di dunia.

Apa saja unsur tarekat?

Jawaban: 1. Mursyid (guru), 2. Baiat (janji setia), 3. Silsilah (hubungan antar guru), 4. Murid, dan 5. Ajaran.

Apa syarat tarekat?

Syarat-Syarat Mempelajari Tarekat Haruslah memandang gurunya memiki rahasia keistimewaan yang akan membawa muridnya kehadapan Ilahi. Harus menjalani tata krama yang dibenarkan oleh ajaran agama. Bertingkah laku yang bersih sejalan dengan tingkah laku Nabi Muhammad Saw.

Apa itu tarekat dan makrifat?

Jika dianalogikan, maka syariat itu ibarat perahu, tarekat adalah nahkodanya, hakikat adalah pulau yang hendak dituju dari perjalanan itu, sementara ma'rifat adalah tujuan akhir, yaitu bertemu dengan Sang Pemilik Pulau.

Apakah hukum tarekat?

Misalnya untuk kesempurnaan Islam orang harus menbersihkan hatinya dan jalan membersihkan hati salah satunya dengan tarekat. Maka tarekat hukumnya wajib.

Kapan munculnya tarekat?

Tarekat pertama kali muncul pada abad ke-6 dan 7 Hijriah, ketika tasawuf menempati posisi penting dalam kehidupan umat Islam dan dijadikan sebagai falsafah hidup. Pada periode ini, tasawuf memiliki aturan, prinsip, dan sistem khusus.

Apa perbedaan antara syariat dan tarekat?

Meski sama-sama berarti jalan, tetapi syariat dan tarekat memiliki makna berbeda. Tarekat memiliki makna sebagai jalan khusus atau individual dan merupakan fase kedua dalam perjalanan keagamaan Islam. Jika syariat dimaknai sebagai perintah Allah dan larangannya, tarekat merupakan perjalanan dan aplikasi dari syariat.

Apa Hubungan tasawuf dan tarekat?

3. Hubungan tasawuf dan tarekat adalah tasawuf itu merupakan usaha mendekatkan diri kepada Tuhan, sedangkan tarekat adalah cara dan jalan yang ditempuh seseorang dalam usahanya mendekatkan diri kepada Allah.

Apa sebutan untuk pemimpin tarekat?

Dalam tarekat hanya dikenal pimpinannya yang disebut guru, kadang mursyid, kadang buya.

Siapa saja tokoh tokoh tarekat?

Beberapa Tokoh dalam Thoriqoh Naqsyabandiyah di Dunia

  • Imam Tariqah Shah Muhammad Baha'uddin Naqshband Al-Uwaisi Al-Bukhari.
  • Hadhrat Khalid al-Baghdadi.

Siapakah tokoh pertama yang memperkenalkan sistem tarekat?

Perkembangan tarekat di Indonesia secara nyata baru terlihat pada abad ke-17, yaitu dimulai pertama kali oleh Hamzah Fansuri (w 1610 M) dan muridnya, Syamsuddin as-Sumatrini (w 1630 M).

Apa kedudukan makrifat?

kedudukan ma'rifat, dalam pandangan al-Junaid, ma'rifat ini dianggap sebagai hal, sedangkan dalam risalah al-Qusyairiyah, ma'rifat dianggap sebagai maqam. Kedudukan ma'rifah dekat dengan muhabbah. Imam al-Ghazali memandang ma'rifat datang sebelum mahabbah. Sedangkan al-Kalabazi berpendapat sebaliknya.

Tarekat ajaran siapa?

Tarekat merupakan sebuah organisasi tasawuf dibawah pimpinan seorang Syeikh yang menerapkan ajarannya kepada para murid-muridnya. Tareqat juga dimaksudkan sebagai suatu jalan yang dilalui oleh calon sufi dalam mencapai ma'rifat.

Apakah boleh hakikat tanpa syariat?

Syariat tanpa hakikat adalah kosong dan hakikat tanpa syariat adalah batal serta tak berdasar. Jika dianalogikan, maka syariat itu ibarat perahu, tarekat adalah bahteranya, dan hakikat adalah pulau yang hendak dituju dari perjalanan itu.

Apa yang dimaksud dengan ilmu makrifat?

Makrifat adalah satu ajaran dalam tasawuf yang untuk pertama kalinya dibangun oleh Dzunnun al-Misry. Menurutnya, makrifat adalah cahaya yang dilontarkan Tuhan kedalam hati Sufi. Jadi orang yang tahu ('Arif) tidak memiliki wujud tersendiri tetapi berwujud melalui Wujud Tuhan.

Apa hubungan antara syariat tarekat dan hakikat?

Hubungan antara syariah, tarekat dan hakikat yaitu tarekat merupakan jembatan perantara dari syariah menuju hakikat. Tujuan akhir manusia adalah untuk bahagia akhirat, maka tiga hal ini perlu dipunyai seluruh manusia dengan dimuali dengan mengetahui syariat, kemudian tarekat, dan buahnya, yaitu hakikat.

11 Pengertian tarekat menurut para ahli Images

Pin em Cortes de cabelo

Pin em Cortes de cabelo

Cuadros para todos los gustos Bodegones paisajes abstractos

Cuadros para todos los gustos Bodegones paisajes abstractos

37 Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli Lengkap Dengan gambar

37 Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli Lengkap Dengan gambar

como hacer tejidos para bebes en crochet Crochet Baby Poncho Crochet

como hacer tejidos para bebes en crochet Crochet Baby Poncho Crochet

a potted plant with the words 10 plants de interior para decorar tu hogar

a potted plant with the words 10 plants de interior para decorar tu hogar

Baby Stork Baby Shawer Fiesta Baby Shower Baby Shower Parties

Baby Stork Baby Shawer Fiesta Baby Shower Baby Shower Parties

Figuras para selfie baby shower Window In Shower Selfies Shower

Figuras para selfie baby shower Window In Shower Selfies Shower

Pin oleh Seputar Pengetahuan di Bahan Bacaan  Pendidikan Membaca

Pin oleh Seputar Pengetahuan di Bahan Bacaan Pendidikan Membaca

Paulo Londra  siganme para ms fotos de este lindo Freestyle Rap

Paulo Londra siganme para ms fotos de este lindo Freestyle Rap

Pin on celebraciones

Pin on celebraciones

Post a Comment for "Pengertian Tarekat Menurut Para Ahli"